STRUKTUR INTI SEL DAN FUNGSI NUKLEUS

Inti sel atau nukleus merupakan salah satu bab utama sel yang paling penting bagi kehidupan alasannya yakni inti sel lah yang mengendalikan seluruh acara sel. Inti sel merupakan salah satu organel terbesar yang dilindungi oleh membran nukleus. Inti sel termasuk salah satu organel yang paling menonjol di dalam sel yang menyumbang sekitar 10 persen dari volume sel. Banyaknya inti sel dalam suatu sel bergantung pada jenis organisme dan merupakan karakteristik dari suatu sel.
Berdasarkan jumlah nukleus, sel dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
  1. Sel mononukleat
    Sesuai dengan namanya, sel mononukleat memiliki satu inti sel dalam setiap selnya. Umumnya sel eukariotik hanya memiliki satu nukleus. Sel hewan dan sel tumbuhan umumnya memiliki satu inti sel.
  2. Sel multinukleat.
    Sel multi nukleat yakni sel yang memiliki nukleus lebih dari satu. Sel yang memiliki dua inti sel disebut sel binukleat misalnya paramecium.

    Sel yang memiliki inti sel lebih dari dua disebut sel polinukleat misalnya sel osteoblas, sel otot lurik, jamur lendir, dan lain sebagainya.

Baca juga : Jenis-jenis, Sumber dan Fungsi Vitamin.

STRUKTUR INTI SEL

Secara garis besar, inti sel terdiri dari tiga bab yaitu :
  1. Membran nukleus
  2. Nukleolus
  3. Nukleoplasma
MEMBRAN NUKLEUS
Membran nukleus yakni selaput terluar dari inti sel yang membungkus inti. Setiap membran terdiri dari dua lapis selaput. Sama halnya dengan membran sel, membran inti juga berfungsi untuk melindungi inti sel dari bab luar. Selaput ini berperan penting dalam pertukaran zat antara sitoplasma dengan nukleoplasma.

NUKLEOLUS 
Nukleolus atau anak inti merupakan bab dari inti sel yang terletak di dalam. Anak inti terdiri atas DNA, posfoprotein, ortoposfat, dan aneka macam jenis enzim.

Sama ibarat nukleus, anak inti juga dilindungi oleh membran atau selaput yang disebut membran nukleolus atau membran anak inti. Nukleoulus berperan penting dalam sintesis RNA.

Baca juga : Perkembangbiakan Virus – Daur Litik dan Lisogenik.

NUKLEOPLASMA
Jika cairan sel disebut sitoplasma, maka cairan nukleus disebut nukleoplasma. Cairan ini bersifat kental dan transparan. Nukleoplasma mengandung kromatin, senyawa kompleks, granula, dan protein inti.

inti sel
Bagian-bagian inti sel (nukleus)
FUNGSI INTI SEL (NUKLEUS)

  1. Selain mengendalikan seluruh acara sel, inti sel juga memiliki beberapa fungsi lainnya, yaitu :
  2. Sebagai daerah penyimpanan bahan herediter, kromatin.
  3. Sebagai daerah penyimpanan protein dan RNA.
  4. Berperan penting dalam proses transkripsi dalam sintesis protein.
  5. Mengatur pertukaran molekul antara inti dan bab sel lainnya.
  6. Sebagai penghasil protein pada nukleoulus.
  7. Transportasi selektif melalui pori-pori inti.