Download Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis Bisa Eksport Import Excel 2017

Unduh Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis Bisa Eksport Import Excel 2017

Download Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis Bisa Eksport Import Excel 2017

– Download Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis Bisa Eksport Import Excel 2017

Pengertian Perpustakaan

Sebelum kita membahasa mengenai Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis Bisa Eksport Import Excel 2017, anda tentunya bukanlah yang pertama kali mengenal dengan nama Perpustakaan Sekolah. Apa sih Perpustakaan Sekolah itu ? Menurut Pak Sutarno NS, Perpustakaan ialah : “mencakup suatu ruangan, bab dari gedung / bangunan atau gedung tersendiri yang berisi buku koleksi, yang diatur dan disusun demikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diharapkan oleh pembaca”. 
Berdasarkan apa yang saya kutip dari buku “Pengelolaan Perpustakaan SekolahModul 1/PUST2225 yang dipergunakan pada Universitas Terbuka, istilah “Perputaskaan” berasal dari kata dasar “Pustaka”. Pustaka dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia berarti kitab atau buku. Dalam bahasa Inggris, dikenal istilah Library yang berasal dari bahasa latin yaitu liber atau libri yang berarti buku.
Kutipan di atas menerangkan secara global dari pada pengertian dan pemahaman mengenai perpustakaan. Okeh lanjut….Sekarang kita akan bahas satu persatu fitur yang terdapat pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah yang akan saya bagikan sekarang ini.

Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Apa itu Aplikasi ? Berdasarkan apa yang saya kutip dari om google, Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melakukan peran khusus dari user (pengguna). Menurut Rachmad Hakim S Aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, menyerupai mengolah dokumen, mengatur Windows, permainan (game) dan sebagainya.
Login Aplikasi Perpustakaan Sekolah 
Login Aplikasi
Gambar di atas mengambarkan cara login pada aplikasi perpustakaan sekolah. Setelah anda mengesktrak file rar yang telah anda download, anda diharuskan menginstal terlebih dahulu aplikasi perputakaan ini. Aplikasi perputakaan ini dibuat oleh Bapak Andriana Yusup, S.Pd. Aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah memanage perpustakaan sekolah.
Setelah anda login, anda diwajibkan untuk mengisi Username dan Password. Nah….Apa Username dan Password untuk membuka Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini ? Anda tidak usah bingung, Usernam dan Password telah disertakan pada file rar yang telah anda download. Untuk bocoran supaya anda tidak bingung, username dan password untuk membuka Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini terdiri dari satu kata, kata tersebut ialah “andri”. Gunakan kata tersebut untuk anda login pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah.
Setelah anda masuk pada Aplikasi Perpustaakan Sekolah, pertama kali yang anda mau lakukan apa saja ? Di atas bab Aplikasi Perpustakaan Sekolah, anda akan menjumpai fitur menyerupai Home, Input Data, Transaksi Data, Transaksi Buku, dan Lainnya.
Menu Aplikasi Perpustakaan Sekolah
Masing-masing fitur tersebut dapat anda pilih dengan cara menyorot fitur tersebut dengan mouse pada komputer atau laptop anda. Setelah anda menyorotkan mouse pada salah satu fitur tersebut, kemudian anda klik. Setelah anda klik, barulah muncul fitur lain yang mampu ditunjukan pada gambar di bawah ini : 
Menu Aplikasi Perpustakaan Sekolah
Misalkan pertama tama anda memilih fitur Input Data, disana anda harus memilih antara Anggota Perpustakaan dan juga Buku.
Penjelasan mengenai fitur ini, anda mewajibkan untuk menginput Anggota Perpustakaan Sekolah yang mampu anda lihat pada gambar di bawah ini :
Input Data Anggota
Masih bingug dengan fitur pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini ? Mudah ko…Caranya anda hanya perlu memasukan data anggota perpustakaan sekolah. Yang pertama harus anda lakukan ialah menyiapkan data penerima ajar dan data PTK atau dalam hal ini data anggota perpustakaan. Data tersebut mampu anda peroleh dari hasil import aplikasi Dapodik.
Data Anggota Perpustakaan Sekolah ini terdiri dari :
  1. Kode Anggota (Anda mampu menggunakan Nomer NIS/NISN, NIP/NUPTK)
  2. Nama
  3. Jenis Kelamin
  4. Jabatan di Sekolah
  5. Kelas
  6. No. Telepon
  7. Alamat
  8. Keterangan

Masing-masing anda input datanya sesuai yang dibutuhkan. Namun alangkah baiknya bila itu semua anda masukan, alasannya siapa tahu yang tidak anda masukan malah akan berkunjung ke perpustakaan.
Masih pada salah satu menu Input Data, anda diharuskan mendata semua buku yang ada pada perpustakaan sekolah. Cape untuk mendatanya ? Hehehe….(Gak ada pekerjaan yang gak cape….semangaaattt)…Perlahan namun pasti. Ya itulah mungkin sebuah kalimat yang harus di tanam pada diri sendiri. Perlahan entry data buku pada Aplikasi ini, namun anda mampu membuatnya dalam format excel yang nanti anda mampu eksport pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini.
Data apa saja yang harus disiapkan ? Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dahulu gambar di bawah ini :
Input Data
Gunakan  buku Inventaris Sekolah sebagai dasar input pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah. Oh iya, kenapa Buku Inventaris Sekolah harus menjadi dasar ? Sekarang ini kan ada yang namanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Penggunaan dari pada BOS ini kan ada tuh yang mampu dipergunakan untuk membelajakan sebagai dana untuk kebutuhan menyerupai buku dan lain sebaginya. Nanti bila ada pemeriksaan BOS anda tidak harus galau lagi membuka dan mencari data inventaris buku yang bersumber dari BOS tersebut. Anda hanya tinggal menunjukkan hasil print out atau pun data Perpustakaan kepada Kepala Sekolah anda. (Ingat jangan pernah menyepelekan problem kecil, alasannya problem besar lahir dari problem yang kecil).
Okeh mungkin itu penjelasan dari fitur Input Data.
Lanjut pada Menu lainnya menyerupai Transaksi Buku
Pada menu Transaksi Buku, sama menyerupai pada fitur Input Data, di sana anda akan menemui menu antara lain menyerupai yang ditunjukan pada gambar di bawah ini :
Transaksi Peminjaman dan Pengembalian Buku Perpustakaan Sekolah
Pada menu ini anda akan menjumpai menu Peminjaman dan Pengambilan.
Penjelasan mengenai Menu ini anda mampu lihat menyerupai yang ditunjukan pada gambar di bawah ini :
Transaksi Peminjaman

Transaksi Pengembalian
Masing-masing sama untuk mengisinya, anda haruslah mengisikan apa yang perlu anda isi pada menu ini menyerupai yang ditunjukan pada gambar di atas.
dan menu selanjutnya ialah lainnya. Klik menu ini bila anda sudah akibat atau mau istirahat menggunakan Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini. 
Untuk lebih memperjelas, silahkan anda lihat sendiri video tutorialnya di bawah ini :

Preview

Untuk anda yang membutuhkan Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini, anda dapat mendownloadnya pada url berikut ini :

Download Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Semoga Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini dapat bermanfaat. Terima kasih –