Download Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah SMA/MA Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…
Kepala Sekolah sebagai guru yang mendapat peran aksesori memiliki multi-peran, antara lain sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator, dan entrepreneur.
Oleh sebab itu, kepala sekolah memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Dengan demikian, untuk mengemban peran dan tanggung jawabnya, kepala sekolah perlu memiliki kompetensi, komitmen, dan kreativitas yang tinggi.
Pemilihan kepala SMA berprestasi merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diupayakan pemerintah untuk kepala SMA yang telah bisa meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya.
Penghargaan tersebut merupakan salah satu wujud akreditasi dari pemerintah, sekaligus dorongan bagi kepala sekolah untuk selalu meningkatkan motivasi dan profesionalismenya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.
Kepala sekolah sebagai pendidik mempunyai peran yang sangat besar dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kepala sekolah memiliki tangggung jawab dalam menciptakan budaya dan iklim sekolah yang nyaman dan kondusif, untuk menjamin terselenggaranya proses belajar-mengajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Dengan demikian, dapat dibutuhkan bahwa sekolah bisa menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya-saing.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 40 Ayat (2) menyatakan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi contoh dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan dengan iman yang diberikan kepadanya.
Mengingat fungsi strategis peran kepala sekolah dalam membuatkan sekolah dan meningkatkan mutu lembaga yang dipimpinnya, sudah sepantasnya kepala sekolah yang secara konkret berprestasi dianugerahi penghargaan yang layak.
Pemilihan Kepala SMA Berprestasi ini diselenggarakan secara profesional, transparan, dan terukur. Dengan demikian, pemilihan ini merupakan sebuah agenda pemerintah yang dibutuhkan bisa menunjukkan pujian dan dorongan yang lebih besar lengan berkuasa bagi kepala sekolah dalam melakukan peran kesehariannya.
Tujuan final dari semua upaya ini yaitu untuk menghasilkan penerima didik yang unggul dan berprestasi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.
Dengan kata lain, dibutuhkan bahwa melalui Pemilihan Kepala SMA Berprestasi, kualitas pendidikan dan pengelolaan SMA akan lebih meningkat, yang pada akibatnya bisa menjawab tantangan masa global yang berbasis keunggulan.

Download selengkapnya Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah SMA/MA Berprestasi Tahun 2015, silahkan klik pada links sumber berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… …!

Baca Juga:  Download Pedoman Pemilihan Guru Berprestasi Tahun 2015 Jenjang SMA (Sederajat)