Ini Panduan Cara Mudah Update Aplikasi PMP Terbaru Versi 1.5

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia… Lama sudah rasanya tak update blog kesayangan kita semua ini… J Bukan berarti apa, alasannya klasik yakni sibuk bahkan super sibuk sekali ya…:? Terlebih adanya aplikasi gres dalam dunia pendataan pendidikan di Indonesia yang mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2016/2017 ini, tiada lain dan tiada bukan yakni aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan alias PMP.
Saya yakin di antaranya teman-teman ini pasti ada yang sudah pernah mengirim, ada yang laptopnya gak mampu diinstal, quesioner tertentu tak sesuai dengan di konfirmasi, pengiriman yang lama dan sebagainya, dan ketika ini pada versi terbaru 1.5 aplikasi PMP sudah baik dan mudah-mudahan memang baik bukan hanya di aplikasi yang kita gunakan tapi juga dalam hasil pengiriman nanti sinkron antara entrian di aplikasi PMP di laptop / PC kita dengan data PMP sekolah kita yang sudah terkirim di server sentra PMP Dirjen Dikdasmen… Amin…


Oleh alasannya yaitu itu, pastikan aplikasi PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) yang Anda gunakan ketika ini yaitu versi 1.5. Dan untuk mempermudah teman-teman, oke ini aku sampaikan langkah-langkah update PMP secara mudah:
1.   Jika versi aplikasi PMP Anda masih 1.4 maka Anda tinggal download file updater versi 1.5-nya di sini.
2.   Unduh dulu backup PMP.
3.   Tutup aplikasi PMP Anda, lalu klik 2 x pada file hasil unduhan tadi
4.   Login kembali ke aplikasi PMP Anda dan bila belum berubah versi ke 1.5 silahkan tekan tombol F5 sekali saja.
5.   Restore file backup PMP pada nomor 1 di atas.
6.   Jangan lupa diisi juga seluruh KKM pada bab Instrumen di aplikasi PMP mulai dari kelas 1 s.d. 6 untuk jenjang SD, kelas 7 s.d. 9 untuk SMP, dan kelas 10 s.d. 12 untuk jenjang SMA dan SMK.
7.   Jika pengguna PMP mulai dari PTK, Peserta Didik, Pengawas, dan Komite sekolah Anda telah akibat dalam mengisi kuesionernya sekaligus telah dikonfirmasi oleh pengguna masing-masing yang ditandai dengan centang hijau pada bab kolom Status di menu Verifikasi dan Kirim Data, silahkan kirimkan datanya dengan klik tombol Kirim Data.
Berikut video singkat yang sengaja aku ambil dari HP jadul saya, hanya perlu waktu sekitar 15 detik, data PMP berhasil terkirim ke server dan tentu saja menggunakan versi aplikasi terbaru PMP yang sudah diupdate ke versi terbaru 1.5.


Bagaimana hasilnya, mungkin besok atau lusa akan aku cek lagi… J Selamat mencoba… Semoga bermanfaat dan terimakasih… …!