METODE ILMIAH DAN LANGKAH-LANGKAHNYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH

Metode ilmiah  merupakan suatu cara untuk memecahkan masalah dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah. Dalam ilmu sains, metode ilmiah merupakan hal mutlak yang harus digunakan dalam menyelesaikan masalah atau menjawab persoalan-persoalan yang belum terpecahkan. Kita tidak mampu dengan serta merta menyimpulkan sesuatu tanpa disertai dengan fakta yang mendukung kesimpulan tersebut. 

Untuk memperoleh kebenaran yang ilmiah, maka metode ilmiah menjadi salah satu cara yang harus diperhatikan. Metode ilmiah pada dasarnya berawal dari adanya permasalahan yang kemudian melalui beberapa tahapan ilmiah, dicoba untuk diselesaikan. 

Berikut langkah-langkah metode ilmiah :

  1. Menemukan masalah dan merumuskannya
    Menemukan dan merumuskan masalah merupakan tahapan awal dalam metode ilmiah. Umumnya, masalah dapat ditemukan dengan mengajukan pertanyaan apa, mengapa, bagaimana, kapan, siapa, dan dimana.
  2. Mengumpulkan fakta
    Setelah masalah yang ada dirumuskan, selanjutnya perlu dilakukan pengumpulan data dan fakta yang berkaitan dengan masalah sebagai langkah awal untuk mengkaji permasalahan tersebut lebih dalam.

    Pengumpulan data dan fakta dapat dilakukan dengan pengamatan atau observasi eksklusif atau dengan merujuk kepada sumber acuan tertentu.

    Baca juga : Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup.
     

  3. Menyusun data yang terkumpul
    Tahapan ini merupakan tahapan yang cukup penting alasannya penyusunan data yang telah terkumpul akan sangat membantu dalam melihat hubungan-hubungan yang terdapat dalam variabel-variabel masalah sehingga kita dapat mengajukan dugaan sementara.
  4. Mengajukan hipotesa
    Hipotesa atau dugaan sementara merupakan titik pola dalam melaksanakan tahapan berikutnya. Dengan adanya hipotesa, percobaan yang akan dilakukan akan lebih terarah dan spesifik.
  5. Melakukan percobaan/penelitian
    Percobaan atau penelitian dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah kita ajukan. Dalam melaksanakan penelitian, kita juga harus mengikuti aturan-aturan ilmiah biar hasil yang kita peroleh dapat dipertanggungjawabkan.

    Baca juga : Jenis-jenis, Sumber dan Fungsi Vitamin.
     

  6. Menganalisis data
    Data yang diperoleh penelitian selanjutnya akan dianalisis untuk difahami dan dicari korelasi logikanya. Dengan analisis data, kita dapat menarik kesimpulan yang bersesuaian dengan tujuan dan hipotesa.
  7. Menarik kesimpulan
    Kesimpulan yang kita peroleh dapat berupa teori, konsep, atau hukum.