Pembahasan Soal SBMPTN Biologi Sistem Pencernaan

Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi perihal sistem pencernaan ini meliputi beberapa subtopik dalam episode sistem pencernaan makanan yaitu organ-organ pencernaan, kandungan nutrisi makanan, pengelompokkan zat makanan, pengujian materi makanan, dan kelainan atau penyakit pada sistem pencernaan. Dari soal-soal yang pernah keluar di SBMPTN biologi, beberapa model soal yang paling sering keluar antaralain mendigentifikasi peran organ dan kelenjar dalam sistem pencernaan, mengidentfikasi jenis nutrisi yang terkandung dalam materi makanan, menjelaskan proses pencernaan mekanik dan kimiawi, dan mengidentifikasi banyak sekali penyakit atau kelainan pada sistem pencernaan makanan.

Soal 1
Proses pencernaan yang terjadi di lisan berlangsung secara mekanik dan kimiawi dengan menggunakan enzim sebagai katalisatornya. Zat yang diubah di dalam lisan dengan perantaraan enzim yaitu …
A. Protein
B. Lemak
C. Karbohidrat
D. Mineral
E. Vitamin

Pembahasan :
Berdasarkan keterlibatan enzim, pencernaan dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Pencernaan mekanik
2. Pencernaan kimiawi

Pencernaan mekanik atau pencernaan fisik yaitu proses perubahan moleul makanan yang berukuran besar menjadi ukuran kecil dengan derma gigi atau otot lambung tanpa derma enzim.

Pencernaan kimiawi yaitu proses perubahan molekul-molekul materi organik yang ada dalam materi makanan dari bentuk kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan derma enzim.

Di dalam lisan terdapat enzim almilase berupa ptialin yang berfungsi untuk memecah senyawa karbohidrat berupa zat tepung masak menjadi disakarida.

Jadi, di lisan zat yang diubah di dalam lisan dengan perantaraan enzim adalaha karbohidrat.

Jawaban : C

Soal 2
Penyakit busung lapar disebabkan karena si penderita kekurangan ….
A. Mineral
B. Lemak
C. Protein
D. Karbohidrat
E. Kalori

Pembahasan :
Penyakit busung lapar (honger oedema) merupakan penyakit yang disebabkan oleh simtoma marasmus, kwashiorkor atau karena kombinasi keduanya.

Kwashiorkor ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan yang terhambat, perubahan warna kulit serta rambut, gangguan pada hati, dan timbulnya anemia.

Kwashiorkor merupakan gangguan kesehatan yang timbul karena kekurangan asam amino esensial yang diharapkan oleh tubuh. Asam amino esensial diperoleh dari protein nabati atau protein hewani.

Jadi, penyakit busung lapar timbul karena adanya defisiensi atau kekurangan protein.

Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Bioteknologi.

Soal 3
Jika kita mengunyah nasi secara terus-menerus, maka akan terasa manis karena:
1. Sebagian protein dipecah menjadi asam amino
2. Sebagian amilum dipecah menjadi glukosa
3. Sebagian lemak dipecah menjadi gliserol
4. Air ludah mengandung ptialin

Pembahasan :
Nasi merupakan materi makanan yang mengandung karbohidrat dan menjadi salah satu makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan energi.

Nasi mengalami pencernaan mekanik dan kimiawi di dalam mulut. Di lisan terdapat kelenjar ludah yang menghasilkan ludah. Ludah mengandung musin dan enzim ptialin.

Enzim ptialin merupakan enzim yang berfunsgi untuk mengubah zat tepung (amilum) menjadi glukosa. Nasi merupakan materi makanan yang mengandung amilum.

Pada ketika kita mengunyah nasi, maka sebagian amilum akan dipecah menjadi glukosa. Itulah sebabnya mengapa nasi menjadi terasa manis.

Jadi, opsi yang benar yaitu :
(2) Sebagian amilum dipecah menjadi glukosa
(4)  Air ludah mengandung enzim ptialin

Jawaban : C

Soal 4
Empedu membantu mencerna lemak dengan cara …
1. Mengubah lemak jenuh menjadi tak jenuh
2. Merangsang pankreas semoga lebih cepat menghasilkan enzim pencernaan
3. Menghidrolisis ikatan antara gliserol dan asam lemak
4. Mengemulsi lemak semoga mudah dicerna oleh enzim

Pembahasan :
Berdasarkan tingkat kejenuhannya, lemak dibedakan menjadi dua golongan yaitu :
1. Lemak jenuh
2. Lemak tak jenuh

Asam lemak jenuh umumnya berbentuk padat dan dapat disintesis sendiri oleh tubuh. Asam lemak jenuh banyak terdapat pada lemak hewan dan dapat meningkatkan kolesterol darah.

Asam lemak tak jenuh biasanya berwujud cair dan berasal dari tumbuhan. Lemak tak jenuh dapat dijumpai pada minyak jagung, minyak kedelai, minyak kelapa, dan sebagainya.

Pada sistem pencernaan insan terdapat kelenjar pencernaan berupa pankreas dan hati. Hati berfungsi mengatur keseimbangan zat makanan dalam darah dan sebagai penyekresi empedu.

Empedu mengandung garam empedu, pigmen empedu, air, kolesterol, dan lesitin. Garam empedu berfungsi menurunkan tegangan butir lemak semoga dapat diemulsikan sehingga mudah diserap. Selain itu, empedu membantu kerja enzim pankreas.

Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Asal-usul Kehidupan.

Soal 5
Uji Biuret pada produk makanan menawarkan ahsil negatif (tidak timbul warna merah atau ungu). Bila produk makanan tersebut dijadikan sumber makanan satu-satunya, maka akan menjadikan …
A. Penyakit kwashiorkor
B. Gangguan pencernaan
C. Gangguan transportasi vitamin A, D, E, dan K
D. Rasa cepat lapar
E. pH darah tidak stabil

Pembahasan :
Uji Biuret digunaan untuk menguji apaah materi maanan mengandung protein atau tidak. Bahan makan yang mengandung protein akan menawarkan warna ungu ketika ditetesi larutan Biuret.

Karena pada percobaan di atas materi makanan menawarkan ahsil negatif, berarti materi makanan tersebut tidak mengandung protein. Jika materi makanan tersebut dijadikan satu-satunya sumber makanan, maka akan terjadi defisiensi protein.

Defisiensi protein merupakan keadaan kekurangan protein. Kekurangan protein menyebabkan kebutuhan asam amino esensial tidak terpenuhi. Salah satu penyakit yang timbul akhir kekurangan protein yaitu penyakit kwaskhirokor yang dapat memicu busung lapar.

Jawaban : A

Soal 6
Zat makanan yang tidak mengalami pencernaan secara enzimatis di dalam alat-alat pencernaan kita yaitu …
1. Vitamin
2. Mineral
3. Air
4. Lipid

Pembahasan :
Pencernaan enzimatis merupakan proses pencernaan yang melibatkan enzim untuk mengubah senyawa organik yang kompleks menjadi senyawa lebih sederhana sehingga mudah diserap.

Dari keemoat zat makanan di atas, lipid atau lemaklah yang mengalami pencernaan enzimatis dan diubah menjadi gliserol dan asam lemak dengan derma enzim lipase.

Vitamin, mineral, dan air tidak mengalami pencernaan enzimatis karena dapat dicerna secara mekanik dan diserap oleh tubuh. Vitamin dapat larut dalam air dan lemak.

Jawaban : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Teori Asal-usul Makhluk hidup.

Soal 7
Peristiwa berikut ini yang termasuk mekanisme pencernaan makanan yang terjadi di dalam lambung insan yaitu …
1. Penghancuran
2. Sekresi enzim
3. Pengasaman
4. Absorpsi

Pembahasan :
Lambung menghasilkan getah lambung yang berasal dari dingding lambung. Pada dinding lambung terdapat kelenjar yang menghasilkan sekresi asam lambung.

Asam lambung mengandung HCl yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin yang berfungsi memecah protein menjadi proteosa dan pepton.

Lambung juga mengandung enzim renin yang berfungsi untuk menggumpalkan kasein dalam susu. Lendir pada lambung berfungsi untuk melindungi lambung dari pengikisan asam lambung.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka peristiwa yang terjadi di dalam lambung yaitu :
1. Penghancuran
2. Sekresi enzim
3. Pengasaman

Jawaban : A

Soal 8
Pencernaan protein secara kimiawi terjadi di dalam …
1. Mulut
2. Usus halus
3. Usus besar
4. Lambung

Pembahasan :
Pencernaan kimiawi merupakan proses pencernaan yang melibatkan enzim. Pencernaan protein secara kimiawi melibatkan enzim pepsin, renin, tripsin, dan erepsin.

Enzim prpsin dan renin dihasilkan di lambung. Enzim pepsin mengubah protein menjadi protease pepton. Enzim renin mengubah protein menjadi gumpalan susu.

Enzim tripsin dihasilkan di usus 12 jari sedangan enzim erepsin dihasilkan di usus halus. Enzim tripsin mengubah protease pepton menjadi pepton albuminosa. Selanjutnya, pepton albuminosa diubah menjadi asam amino oleh enzim erepsin.

Jadi, pada yang termasuk kawasan berlangsungnya pencernaan protein secara kimiawi yaitu :
(2) Usus halus
(4) Lambung

Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Fungsi Organel Sel.

Soal 9
Jonjot usus halus bertugas untuk memperluas bidang peresapan sari makanan yang diserap oleh jonjot usus halus, antara lain …
1. Protein
2. Glukosa
3. Zat pati
4. Asam amino

Pembahasan :
Sari makanan yang dapat diserap oleh jonjot usus halus yaitu …
1.  Monosakarida terutama glukosa
2. Asam amino
3. Gliserol dan asam lemak
4. Vitamin
5. Mineral dalam bentuk larutan
6. Air

Makara opsi yang benar yaitu (2) dan (4) yaitu glukosa dan asam amino.

Jawaban : C

Soal 10
Lambung dapat berfungsi sebagai kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.

SEBAB

Lambung dapat menghasilkan getah lambung yang mengandung enzim pepsinogen dan HCl.

Pembahasan :
Berdasarkan salurannya, kelenjar dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
1. Kelenjar endokrin
2. Kelenjar eksokrin

Kelenjar endokrin yaitu kelenjar yang tidak mempunyai susukan keluar dan berfungsi memproduksi hormon sedangkan kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang mempunyai susukan keluar.

Lambung dapat disebut kelenjar eksokrin karena lambung memperoduksi HCl, pepsinogen, dan renin yang disalurkan keluar dari kelenjarnya ke rongga lambung.

Lambung juga dapat disebut sebagai kelenjar endokrin arena lambung memproduksi hormon gastrin yang eksklusif kembali ke dalam darah.

Jadi, pernyataan benar dan alasan benar tetapi tida mempunyai kekerabatan alasannya akibat.

Jawaban : B