Pengalaman Adalah Guru Terbaik Kehidupan

Sahabat Edukasi yang berbahagia…
Setahu aku orang yang maju itu ialah orang yang selalu bergerak, orang yang selalu aktif, dan selalu punya inisiatif. 

Banyak hal yang sebelumnya tidak seseorang ketahui, namun alasannya ialah ada keberanian untuk mau mencoba melaksanakan dengan serius yakni “bekerja sambil belajar”. Maka sedikit demi sedikit akan biasa dan kesudahannya menjadi bisa.
Bisa alasannya ialah sudah terbiasa, bisa alasannya ialah sering mengampu, dan hebat alasannya ialah sering terlibat menjadi kunci dari sebuah pengalaman.

Banyak andal dalam suatu bidang disebut berpengalaman bukan alasannya ialah tinggi ijazah ataupun pendidikannya, akan tetapi dari track record (rekam jejak) mereka di mana mereka mengalami sendiri dengan intensif proses demi proses, detil demi detil mulai dari yang kecil hingga yang terbesar, dan dari awal hingga akhir.

Kita pun demikian pula, di kala kesibukan yang cukup padat, di sela-sela peran yang tak lagi sempat bermain-main dengan hobi. Di ketika itulah kesempatan untuk menambah pengalaman gres sedang terbuka.
Dan tentunya dikarenakan kita mendapatkan beberapa peran dari pimpinan dalam suatu lingkungan kerja, maka fisik kita pun akan kurang istirahat, namun dengan inilah memang kita akan menjadi orang yang berpengalaman bukan hanya dalam 1 bidang tertentu, namun pastinya juga semakin bertambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman serta lambat laun semakin bertambah pula kedewasaan.
Sampai pada saatnya kelak, bila kita diamanatkan menjadi seorang pemimpin, maka kita pun bisa menampilkan jiwa kepemimpinan yang jempolan alasannya ialah memiliki kompetensi dan juga wawasan yang tak lagi dipertanyakan sekaligus memiliki jiwa kebijaksanaan.

Maka, banyak kerja banyak tahu, banyak tahu, banyak ilmu, dan banyak ilmu semakin maju. Hal ini tentu dalam hal-hal yang nyata dan konstruktif. 

Dan benarlah kiranya kalimat bijak “Guru terbaik ialah Pengalaman”. Selamat berkarya Sahabat…! Semoga sukses selalu… …!