Solusi Jumlah Data Peserta Didik dan PTK Guru Yang Tersalin di Aplikasi PMP Tidak Sama Dengan Yang Ada di Aplikasi Dapodik

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia… Dalam beberapa waktu terakhir ini, aku seringkali menerima pertanyaan dari bebeberapa Rekan Operator yang intinya mempertanyakan wacana penyebab jumlah penerima didik dan atau PTK yang terbaca di aplikasi PMP jumlahnya tidak sama dengan yang ada di aplikasi Dapodik?
Baiklah, bekerjsama duduk perkara tersebut jawabannya sudah diuraikan dalam aplikasi PMP itu sendiri sebagai berikut:
1. Jumlah Data Peserta Didik Berbeda Antara Di Aplikasi PMP dan Aplikasi Dapodik
Salin data penerima didik dari aplikasi Dapodik menjadi pengguna di aplikasi PMP. Proses ini akan menyalin data penerima didik dari Dapodik menjadi pengguna aplikasi PMP untuk keperluan pengisian kuesioner  nantinya.
Adapun data penerima didik yang disalin adalah:
·       peserta didik yang telah terdaftar di sekolah
·       telah terpetakan ke dalam rombel kelas di dalam dapodik
·       telah memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

Jadi terang sekarang, jikalau penerima didik yang belum memiliki NISN dan atau data penerima didik yang belum diaktifkan melalui fitur registrasi PD serta belum dimasukkan ke Rombel, maka data penerima didik tersebut tidak tersalin di aplikasi PMP. Dan untuk menampikan data Peserta Didik yang sudah memiliki NISN namun belum dapat tersalin di aplikasi PMP, silahkan cek pada registrasi PD dan pastikan data PD sudah masuk dalam Rombel.
2. Jumlah Data PTK Berbeda Antara Di Aplikasi PMP dan Aplikasi Dapodik
Salin data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dari aplikasi Dapodik menjadi pengguna di aplikasi PMP. Proses ini akan menyalin data PTK dari Dapodik menjadi pengguna aplikasi PMP untuk keperluan pengisian kuesioner  nantinya.
Untuk Data PTK yang akan disalin adalah:
·       PTK yang telah mendapat penugasan di tahun aliran ini
·       Berstatus sebagai guru (jenis PTK di Dapodik = guru)
·       Telah mengisi email di aplikasi Dapodik.

Jadi jawabannya, PTK yang tersalin di aplikasi PMP untuk dapat mengisi kuesioner yaitu khusus PTK Guru / Pendidik yang telah dientry emailnya, dan sudah diaktifkan di penugasan sebagai PTK aktif pada semester berjalan ketika ini. Oleh alasannya yaitu itu biar data guru dapat terbaca di aplikasi PMP, silahkan cek kembali dan perbaiki pada data rinci PTK Guru apakah sudah diinputkan email, cek di penugasan apakah sudah aktif, dan cek di Jenis PTK dan pastikan sebagai Guru. 
Demikian gosip yang dapat aku bagikan ketika ini, semoga bermanfaat dan terimakasih… …!